Sejarah

Sebelumnya perpustakaan belum dikelolah dan masih berupa gudang tumpukan buku. Perpustakaan Akademi Keperawatan Adi Husada telah berdiri bersamaan dengan Akademi Keperawatan Adi Husada sejak tahun 1983, bertempat satu lokasi dengan RS. Adi Husada undaan wetan No.40-44 Surabaya. Dan sejak itu Perpustakaan Akademi Keperawatan Adi Husada dikelolah oleh pustakawan lulusan bidang studi ilmu perpustakaan. Saat itu ruangan masih bergabung jadi satu dengan Perpustakaan Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan.

Perpustakaan sudah menerapkan sistematis pengolahan dan sirkulasi sesuai ilmu kepustakaan serta memiliki peraturan dan sistem katalog manual dengan lemari katalog berisi kartu katalog sesuai urutan abjad judul buku dan subyek. Penentuan klasifikasi buku telah menggunakan sistem DDC (Dewey Decimal Classification) Edisi 19 dan menggunakan tajuk subyek Search List of Subject Heading. Pelayanan yang diterapkan adalah sistem terbuka. 

Pada tahun 2003 Perpustakaan Akademi Keperawatan Adi Husada sudah mandiri dan berpindah tempat di Lantai 4 Gedung Akademi Keperawatan Adi Husada Jl. Manggar No. 9 Surabaya. Pada tahun 2006 Perpustakaan mengalami renovasi berpindah tempat ke lantai 3 Gedung Akademi Keperawatan Adi Husada Jl. Manggar No. 9 Surabaya dan memiliki koleksi buku 1807 eksemplar, tahun 2007 berjumlah 1983 eksemplar, tahun 2008 berjumlah 2086 eksemplar.

Tahun 2009 bulan Januari merupakan awal dari perubahan perpustakaan kea rah digitalisasi dari sebelumnya masih menggunakan system manual untuk pengolahan dan sirkulasi, di tahun ini memulai pengembangan system otomasi perpustakaan yang dikembangkan oleh petugas perpustakaan. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi maka Perpustakaan Akademi Keperawatan Adi Husada telah menerapkan sistem otomasi perpustakaan sejak untuk mempermudah pengolahan dan sirkulasi serta laporan kegiatan yang ada guna meningkatkan pelayanan prima kepada pengguna perpustakaan. OPAC (Online Public Access Catalog) telah diterapkan tetapi masih offline dikarenakan belum memiliki host sendiri untuk meluncurkan database online dan saat itu koleksi buku berjumlah 2519 eksemplar. 

Tahun 2010 bulan November, OPAC (Online Public Acces Catalog) yaitu Katalog Online Perpustakaan dapat diakses melalui website dengan alamat URL http://akper-adihusada.ac.id/perpustakaan di dalam katalog tersebut dapat menelusuri koleksi buku sesuai yang ada di koleksi perpustakaan sehingga mempermudah pengguna dalam penelusuran koleksi di perpustakaan, pada saat itu koleksi berjumlah 2758 eksemplar. Dan memiliki akses e-jurnal online dari 3 database yaitu ProQuest, EBSCO, Gale Cengage untuk menunjang proses belajar mengajar mahasiswa dan dosen.

Tahun 2011 memiliki koleksi buku berjumlah 3134 eksemplar dan menerapkan koleksi e-book dari koleksi Karya Tulis Ilmiah berformat PDF sehingga memiliki koleksi yang bersifat softcopy, di tahun 2012 koleksi buku berjumlah 1562 judul dan 3139 eksemplar serta koleksi Referens berjumlah 175 eksemplar. 

Perkembangan teknologi akan terus berkembang dan perencanaan selanjutnya adalah penerapan absensi digital bagi pengunjung perpustakaan, akses e-book Karya Tulis Ilmiah di ruang perpustakaan, penerapan teknologi barcode untuk proses sirkulasi.

Tahun 2012 bulan agustus Perpustakaan Akper Adi Husada telah bergabung dan menjadi anggota FPPTI (Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia) Jatim, anggota yang tergabung dalam forum tersebut sejumlah 87 Institusi Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta di seluruh Jawa Timur. Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa yaitu adanya Kartu Super, kartu tersebut sebagai pengganti Surat Pengantar berkunjung ke perpustakaan lain. Perpustakaan yang dapat dikunjungi adalah anggota yang tergabung dalam FPPTI Jatim. 

Bulan oktober penerapan absensi digital telah berjalan dan sudah tidak menggunakan buku absen untuk menulis kunjungan para pengunjung, cukup memasukkan No.NIM, mahasiswa sudah dapat langsung mengisi absen kunjungan dengan cepat. Juga tersedia kolom absen untuk pengunjung umum.

Perpustakaan telah memberikan fasilitas E-Learning bagi dosen dan mahasiswa untuk dapat memberikan pembelajaran tambahan melalui media internet tanpa batas waktu, ruang dan tempat. Pembelajaran online ini mempermudah dosen dalam memberikan tugas, materi dan berinteraksi dengan mahasiswa yang bersangkutan sesuai mata kuliah yang sedang dipelajari.

Selain itu penelusuran OPAC dan koleksi e-book Karya Tulis Ilmiah sudah dapat dibaca di komputer yang telah disediakan untuk pengunjung perpustakaan.

Pada tahun 2013 Akademi Keperawatan Adi Husada Surabaya mengadakan acara Grand Opening Peresmian Kampus Baru dan sekaligus berpindah lokasi alamat di Jl. Kapasari No. 95 tepatnya pada tanggal 22 September 2013 dan lokasi bersebelahan denga Rumah Sakit Adi Husada Kapasari, perkembangan yang luar biasa ini memunculkan banyak ide untuk dikembangkan salah satunya yaitu memiliki ruangan yang representative dibanding dengan ruangan perpustakaan sebelumnya di Jl. Telasih No. 28 Surabaya.

Online Public Access Catalog   

Koleksi Buku Text

Koleksi buku umum yang dapat dipinjam dan koleksi buku khusus yang hanya dapat dibaca di tempat dan fotocopy atau peminjaman sementara.

Koleksi Karya Tulis Ilmiah

Koleksi hasil penelitian dari mahasiswa yang telah melaksanakan tugas akhir, koleksi tersebut termasuk jenis koleksi tertutup dan e-book full text hanya dapat di akses di perpustakaan.

Koleksi Refrens

Koleksi buku literasi yang hanya dapat dibaca di tempat atau peminjaman sementara.

Koleksi Majalah & Jurnal

Koleksi majalah merupakan koleksi yang bersifat hiburan edukatif dan non ilmiah sedangkan koleksi jurnal merupakan koleksi ilmiah yang dapat dijadikan refrensi mengenai materi perkuliahan maupun penelitian

Koleksi E-Book

Koleksi buku elektronik yang dapat diakses hanya di halaman offline atau datang langsung ke perpustakaan untuk mengakses e-book

Koleksi Audio-Visual

Koleksi digital berupa video pembelajaran dan kegiatan biasanya koleksi tersebut sudah tersajikan di fasilitas multimedia

Google Books

Video Profile

free counters