Menjadi Pemimpin Efektif

Rina Budi Kristiani, S.Kp.M.Kep.

Bagaimanakan menjadi seorang pemimpin yang efektif ? Pemimpin yang dapat menggunakan segala gaya kepemimpinannya untuk menggerakan kelompok kerjanya untuk mencapai tujuan. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan adalah budaya, keluarga, harapan diri dan orang lain, pengalaman sebelumnya, kepercayan diri dan kemampuan untuk bertoleransi.

Beberapa gaya kepemimpinan yang dapat digunakan untuk menjadi seorang pemimpin yang efektif yaitu (Kearney - 2008) :

1.Authoritative leaders
Cara kepemimpinan ini dengan melakukan control kuat yang berada dalam kelompok kerja tersebut, memberi perintah dan mengharapkan orang lain untuk mematuhi, mendominasi kelompok dan memotivasi orang dengan rasa takut atau penghargaan. Gaya kepemimpinan ini dapat digunakan pada saat krisis dalam menghadapi anggota kelompok yang memiliki kemampuan kerja tetapi tidak memiliki kemauan kerja yang baik. Dengan menggunakan gaya kepemimpinan ini pekerjaan akan berjalan dengan lancar, produktifitas tinggi. Bila gaya kepemimpinan ini tidak dilakukan dengan tepat dapat menimbulkan  terhambatnya : kreativitas, otonomi dan motivasi diri, serta kebutuhan anggota kelompok kerja tidak dikenali dengan baik.

2.Permissive leaders
Gaya kepemimpinan ini memberikan banyak kebebasan kepada anggota kelompok kerja untuk melaksanakan tugasnya. Tetapi gaya kepemimpinan ini akan mengakibatkan pekerja tidak produktif, tidak efisien dan tidak memuaskan bila tidak dilaakukan dengan tepat. Gaya kepemimpinan ini dapat digunakan dengan efektif bila anggota kelompok memiliki kemampuan dan kemauan kerja yang tinggi.

3.Democratic or participative leaders
Pemimpin yang demokratis berbicara tentang “kita” dan bukan “Saya”, mengajukan pertanyaan yang memacu semangat kerja, memberi saran dan bukan mengeluarkan perintah, memberi kritik yang membangun. Pemimpin partisipatif memiliki kepercayaan pada kemampuan anggota kelompok dan secara aktif membimbing mereka untuk menggunakan kemampuan mereka untuk mencapai tujuan kelompok. Gaya kepemimpinan ini dapat digunakan dengan efektif pada anggota kelompok yang memiliki kemauan kerja yang tinggi tetapi kemampuan belum optimal.

Kunci kepemimpinan yang efektif adalah:
1.Menggunakan gaya yang paling sesuai untuk kelompok dan tugas atau situasi yang dihadapi
2.Menggunakannya pada waktu yang tepat
3.Cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan para pengikut
4.Menggunakan talenta dari semua anggota kelompok
5.Memenuhi tujuan kelompok

KETERAMPILAN SEORANG PEMIMPIN

1.Manajemen Waktu
Mampu mengelola waktu, oleh karena itu sebagai pemimpin perlu melihat secara hati-hati bagaimana merencanakan proses agar menghemat waktu. Harap dicatat bahwa pertanyaan yang tercantum terkait dengan beberapa gejala umum dari manajemen waktu yang buruk.

Seberapa baik manajemen waktu Anda?
• Apakah pertemuan Anda dimulai tepat waktu, atau apakah kita membuang waktu untuk menunggu anggota tim?
• Apakah rapat dikelola secara efektif - berapa lama setiap pertemuan berlangsung - adakah waktu yang terbuang?
• Apakah tugas yang tidak menyenangkan bisa ditinggalkan? Apakah akan lebih memuaskan untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak menyenangkan?
• Apakah Anda perlu mengadakan pertemuan? Apa hasilnya jika tidak?
• Apakah Anda memprioritaskan tugas?
• Apakah ada tugas yang bisa dilakukan dengan lebih tepat oleh anggota staf lain?
• Apakah Anda melakukan pekerjaan yang tidak perlu?

2.Delegasi
Mampu mendelegasikan adalah keterampilan yang penting bagi para pemimpin. Seni delegasi tidak selalu datang secara alami. Seorang pemimpin yang baik akan menyesuaikan diri dengan keterampilan staf yang ada, dan akan mencari cara untuk memberi tanggung jawab kepada orang-orang di sekitar mereka. Seorang pemimpin yang baik akan mendelegasikan dengan tugas kepada staf, dan memberikan lebih banyak tanggung jawab. Hal ini sering terjadi, oleh karena itu kita perlu melatih seseorang sebelum melaksanakan tugas baru. Meluangkan waktu untuk melatih seseorang jelas dapat menyita waktu dalam jangka pendek, namun dalam jangka panjang kemungkinan akan bermanfaat bagi pemimpin dan organisasi.

Delegasi adalah tentang berbagi beban kerja dan menyampaikan sejumlah tanggung jawab kepada orang lain. Untuk mendelegasikan dengan sukses Anda harus bisa memahami staf Anda. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dan kemampuan mereka, sehingga Anda memahami kemampuan mereka, dan bagaimana mereka dapat mendukung pekerjaan yang sedang dilakukan.

Untuk dapat mendelegasikan dengan percaya diri Anda perlu:
• Pastikan kemampuan Anda sendiri
• Pastikan staf dan kemampuan Anda
• Kenali peran pekerjaan Anda dan peran pekerjaan yang didelegasikan
• Percayai staf dan kemampuan mereka
• Mengkomunikasikan persyaratan kerja
• Memberdayakan

3.Mengelola Workload dan Stres
Para pemimpin dapat menghabiskan sebagian besar waktunya untuk merencanakan beban kerja staf mereka, namun sedikit memikirkan beban kerja mereka sendiri. Bagi beberapa orang hal ini bisa menimbulkan stres, yang bisa merusak kesehatan kita. Stres adalah fenomena normal, dapat bersifat positif apabila memacu kita untuk bertindak tetapi dapat menjadi destruktif sehingga kita perlu menemukan strategi untuk mengatasi hal ini. Sebagai pemimpin penting bagi Anda untuk bisa mengenali stres baik di dalam diri Anda sendiri maupun pada staf Anda.

4. Keterampilan Komunikasi Interpersonal
Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda perlu mengembangkan keterampilan komunikasi interpersonal yang efektif. Anda perlu berkomunikasi dengan berbagai cara, termasuk:
• Secara verbal (tatap muka, telpon)
• Secara tertulis
• Menggunakan komunikasi elektronik (teks, email, web-cams dll)

Dapat juga menggunakan komunikasi non-verbal (bahasa tubuh) seperti cara kita berdiri, ekspresi wajah, pakaian dan gerak tubuh. Ini membantu Anda menyampaikan pesan kepada rekan kerja dan staf Anda. Menyadari bahasa tubuh orang lain dapat memberi Anda wawasan tentang bagaimana staf Anda merespons Anda. Apa bahasa tubuh mereka memberitahu Anda?

Untuk menjadi pemimpin, Anda perlu merenungkan kemampuan Anda untuk berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan komunikasi Anda secara aktif untuk membantu memfasilitasi komunikasi yang efektif dengan rekan kerja.

Seberapa bagus kemampuan komunikasi Anda?
• Apakah Anda seorang pembicara yang baik?
• Apakah Anda pendengar yang baik?
• Seberapa baik Anda dalam menafsirkan pesan non-verbal?
• Seberapa bagus kemampuan komunikasi tertulis Anda?
• Seberapa yakin Anda dengan telepon?
• Seberapa baik Anda menggunakan email dan bentuk komunikasi elektronik lainnya?

5. Assertiveness
Kemampuan menyatakan pandangan kita tanpa emosi. Sebagai pemimpin Anda perlu mengembangkan kemampuan untuk bersikap asertif.

6.Keterampilan Teknologi
Sebagai pemimpin diharapkan dapat menggunakan teknologi computer dalam beberapa cara atau bentuk untuk mendukung aktivitas kerja Anda. Anda harus yakin bahwa Anda memiliki kepercayaan diri untuk bekerja secara efektif dengan aplikasi komputer dan komputer yang Anda gunakan untuk membantu memastikan penggunaan waktu Anda secara efisien dan memfasilitasi proses yang lebih efisien.

Referensi :
Rose Kearney-Nunnery. Edition, 3, illustrated. Publisher, F.A. Davis, 2008
2017-07-19 14:54:52

Our Articles

Dewi Andriani, S.Kep.Ns.,M.Kes.

Pendidikan Vokasi

2017-10-17 11:09:32

APA ITU PENDIDIKAN VOKASI? Pendidikan vokasi/ kejuruan adalah pendidikan yang menekankan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Read More
Rina Budi Kristiani, S.Kp.M.Kep.

Menjadi Pemimpin Efektif

2017-07-19 14:54:52

Bagaimanakan menjadi seorang pemimpin yang efektif? Pemimpin yang dapat menggunakan segala gaya kepemimpinannya untuk menggerakan kelompok kerjanya untuk mencapai tujuan. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan adalah budaya, keluarga, harapan diri dan orang lain, pengalaman sebelumnya, kepercayan diri dan kemampuan untuk bertoleransi.

Read More
Dwi Yuniar Ramadhani, S.Kep.Ns.,M.Kep.

Keluarga Bersih, Sehat, dan Ceria

2017-06-27 11:26:05

Suatu negara dikatakan sehat bila individu dan keluarganya juga sehat. Banyak yang beranggapan untuk sehat memerlukan peralatan yang memadai, dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dan mungkin juga akan melakukan banyak hal untuk tetap sehat.

Read More
Susanti, S.Kep.Ns.M.Kep.

Pemutih Wajah Antara Gaya Dan Bahayanya

2017-02-09 14:19:24

Masa remaja adalah masa pencarian identitas. Sedangkan, gaya hidup merupakan pola hidup seseorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, opininya. Dimensi self orientation gaya hidup mencapai tiga kategori yaitu prinsip, status, aksi.

Read More



Company Profile


Follow Our Instagram

instagram.com/akperadihusada

Like Our Page Facebook

facebook.com/akperadihusada